THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 31 Mei 2015

Jurnalistik


Jurnalistik atau Jurnalisme berasal dari kata journal, artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari perkataan latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Jenis-jenis jurnalistik itu sendiri meliputi :
1. Jazz journalism. Jurnalistik yang mengacu pada pemberitahuan hal-hal yang sensasional, menggemparkan atau menggegerkan, seperti meramu gosip atau rumor.
2.Adversary journalism. Jurnalistik yang membawa misi penentangan atau permusuhan, yakni beritanya sering menentang kebijakan pemerintah atau penguasa (oposisi).
3. Government-say-so-journalism. Jurnalistik yang memberitakan atau meliput apa saja yang disiarkan pemerintah layaknya koran pemerintah.
4. Checkbook journalism. Jurnalistik yang untuk memperoleh bahan berita harus memberi uang pada sumber berita.
5. Alcohol journalism. Jurnalistik liberal yang tidak menghargai urusan pribadi seseorang atau lembaga.
6. Crusade journalism. Jurnalistik yang memperjuangkan nilai-nilai tertentu, misalnya demokrasi, sosialis, nilai-nilai Islam atau nilai-nilai kebenaran.
Aktivitas utama dalam jurnalisme adalah   Menulis pelaporan kejadian dengan menyatakan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana (dalam bahasa Inggris dikenal dengan 5W+1H) dan juga menjelaskan kepentingan dan akibat dari kejadian atau trend. baru. Jurnalisme meliputi beberapa media: koran, televisi, radio, majalah dan internet sebagai pendatang

0 komentar: